Ke’penting’an

Kata ‘penting’ itu menurut KBBI, artinya

  1. utama; pokok; perkara
  2. sangat berharga (berguna)
  3. mempunyai posisi yang menentukan

Hebat ya kata ‘penting’ itu.. Begitu muncul, seperti menyedot semua perhatian.

Tapi coba diimbuhi awalan ke- dan akhiran -an, jadi kata ‘kepentingan’, yang artinya keperluan; kebutuhan; mendahulukan. Membuat dahi mengernyit bukan? Rasanya kok kata ini menjadi turun nilai, dari hebat menjadi egois.

Mencermati perubahan makna ini, maka saya kembali mencoba berefleksi, bercermin. Apakah hal-hal yang menurut saya penting kemudian menjadi ke’penting’an, yang bisa saja dalam prosesnya harus mendahului lingkungan di sekitar saya?

Adalah sangat manusiawi ketika setiap orang mempunyai nilai-nilai atau hal-hal yang masing-masing anggap penting, relatif lebih dari yang lain. Juga masih manusia ketika setiap orang menjadikan beberapa nilai atau hal tsb menjadi kepentingan. Yang seringkali membuat kurang manusia adalah bagaimana proses kepentingan-kepentingan itu dipenuhi.

Ada yang penting bagi satu pihak, sampah bagi pihak lain. Ada yang berbagi kepentingan, dengan pendekatan yang berbeda. Satu kepentingan, kadang bisa dibagi, kadang juga tidak bisa dibagi. Banyak kepentingan, satu alat pelaksana. Riuh yah?

Intinya cuma satu saja sebenarnya: ‘aku’.

Ya. Kepentingan itu ya ‘aku’. Itu saja.
Tidak lagi menjadi ‘penting’ yang hebat itu. Hanya ‘aku’ saja. Dan kita semua tahu derajatnya ‘aku’ itu jauh dari hebat 🙂

 

2 thoughts on “Ke’penting’an

  1. Nisasays

    Iyah.. yang seringkali melukai arti dari kepentingan itu adalah prosesnya..
    Saya baru sadar ada makna egois dalam ke-penting-an.. nice post ^^

    Reply
    1. omingokesays

      Hee, thanks Annisa ^^
      Semoga kita semua bisa berbagi kepentingan tanpa menjadi egois ya.. 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *